Apakah Bisa Naik Pangkat Jika Pangkat Atasan Langsung Sama Dengan Kita?

Pagi ini saya mendapat pesan whatsapp dari pegawai yang akan mengajukan kenaikan pangkat. Kasusnya adalah pangkat PNS tersebut adalah III/d dan akan naik pangkat ke IV/a karena tingkat pendidikan S2, sedangkan atasan langsungnya juga III/d. Dalam hal ini PNS tersebut tidak dapat naik pangkat karena jika naik pangkat maka pangkat PNS tersebut melebihi atasan langsung.

Apakah ada solusi untuk hal ini? Ada, solusinya adalah dengan memindahkan unit kerja PNS tersebut ke unit kerja lainnya yang atasan langsungnya mempunyai pangkat/golongan lebih tinggi. Selain itu, PNS tersebut harus mengganti atasan langsungnya pada sasaran kerja pegawai (SKP) dan penilaian SKP-nya pada tahun sebelumnya.

Biasanya BKN akan membandingkan atasan langsung PNS yang diusulkan kenaikan pangkatnya dari aplikasi SAPK dan pada SKP PNS tersebut. Apakah ini dibenarkan? sebenarnya hal ini masih abu-abu. Seharusnya pada organisasi yang baik, hal seperti ini tidak akan terjadi. Karena mereka akan menempatkan pegawainya sesuai dengan kebutuhan, perencanaan, dan kemampuan pegawai tersebut.

Semoga tulisan ini bisa memberikan gambaran yang baru mengenai masalah diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *