Mengenal Lebih Dalam Tentang Hubungan Pangkat Polisi dan Gaji yang Diterima

Polisi dan TNI adalah pekerjaan yang mulia. Karena keduanya memiliki tanggung jawab yang besar untuk negara dan warganya. Karenanya, tidak heran jika gaji polisi memiliki termasuk besar untuk mendukung kesejahteraan anggota. Ternyata terdapat hubungan antara pangkat polisi dan gaji yang akan diterima. Apakah hubungan yang dimaksud? Untuk mengetahui beberapa tingkatan pangkat yang ada dalam kepolisian, anda dapat mencarinya dibagian selanjutnya.

Penjelasan Tentang Pangkat Polisi dan Gaji yang Diterima

Gaji dan Tunjangan Polisi Berdasarkan Pangkat

Inilah informasi tentang pangkat polisi dan gaji yang akan diterima selama menjadi anggota. Hubungan antara keduanya pun akan dijelaskan secara lengkap, berikut ulasannya

  • Tamtama

Untuk anda yang baru saja masuk dalam Polri, akan menduduki golongan 1. Tanda kepangkatan yang akan diterima adalah Tamtama, yang telah melewatkan pendidikan selama enam bulan. Gaji yang akan diterima dalam tingkatan ini adalah Rp 1.643.500 hingga Rp 2.960.700. Jumlahnya disesuaikan dengan pangkat yang dimilikki.

  • Bintara

Berikutnya, anda harus melewati tingkatan berikutnya yaitu tingkatan bintara. Tingkatan ini bisa didapatkan setelah melewati pendidikan selama tujuh bulan. Di dalamnya terdapat enam tingkatan, yang bisa dilewati selama 0-32 tahun. Adapun gaji yang akan diterima adalah Rp 2.103.000 hingga Rp 4.032.000 sesuai dengan jabatan yang ada.

  • Perwira Pertama

Untuk merekayang telah menduduki golongan ini, dianggap sudah cukup mapan. Didalamnya, terdapat tiga buah tingkatan dan masing-masing memiliki gaji tersendiri. Gaji dan tunjangan polisi berdasarkan pangkat teratas di golongan ini mencapai Rp 4.800.000. Sedangkan pangkat terendah adalah Rp 2.735.000, disesuaikan masa kerja.

  • Perwira Menengah

Selanjutnya adalah perwira menengah yang menjadi impian dari banyak anggota. Karena gaji yang didapatkan cukup besar. Untuk seorang komisaris besar akan mendapatkan gaji hingga Rp 5.243.400. Sedangkan untuk komisaris polisi akan mendapatkan dana Rp 4.930.100. Anda harus memperhatikan pula berapa lama masa bakti yang telah diberikan.

  • Perwira Tinggi

Dan inilah bagian yang paling teratas dalam kepolisian, yakni perwira tinggi. Perwira tinggi memiliki beberapa tingkatan golongan, yaitu brigadir jenderal hingga jenderal. Gaji yang didapatkan oleh seorang jenderal dalam kepolisian adalah Rp 5.930.800. Sedangkan untuk seorang brigjen akan mendapatkan gaji maksimal Rp 5.407.400.

Selain mendapatkan gaji sesuai dengan pangkat dan masa bakti, terdapat beberapa dana lain yang akan ditambahkan untuk anda. Beberapa tunjangan yang akan didapat, akan dijelaskan ini

Gaji POLRI 2018 Naik

  • Uang Lauk Pauk

Dana yang di tambahkan untuk gaji oleh pemerintah adalah uang lauk pauk. Dalam beberapa tahun belakangan, uang lauk pauk ditambahkan oleh pemerintah. Jadi, kini didapatkan dana hingga Rp 60.000/bulan.

  • Tunjangan Kinerja

Berikutnya terdapat tunjangan kinerja yang diberikan. Tunjangan ini diberikan sebesar 70% dari besaran gaji yang biasanya dibawa pulang. Terdapat isu yang beredar, bahwa nantinya besaran tukin akan dinaikan kembali hingga 100% gaji.

  • Tunjangan Pensiun

Berbeda dengan instansi lain, setiap PNS akan mendapatkan tunjangan pensiun. Tunjangan ini diberikan sesuai dengan peraturan yang ada dan telah mengalami kenaikan sebanyak 5% sama seperti beberapa waktu lalu, dimana gaji polri 2018 naik.

Jadi, tidak berminat menjadi bagian dari kepolisian? Tidak ada salahnya untuk menjadi bagian Polri dan mengabdikan diri. Karena banyak keuntungan yang didapat seperti gaji dan tunjangan. Dan sangat jelas kaitannya antara pangkat polisi dan gaji, di mana semakin lama kinerja dan pangkat, akan semakin besar gaji yang diterima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *