Inilah Beberapa Pertimbangan dalam Pemutusan Peraturan Pemerintah 30 Tahun 2015

Kebanyakan orang hanya mengetahui tentang adanya kenaikan gaji melalui pemberitaan di televisi. Tapi tidak memahami apakah pertimbangan yang pemerintah lakukan, hingga akhirnya diputuskan Peraturan Pemerintah 30 tahun 2015. Apakah anda mengetahui apa saja pertimbangan pemerintah hingga akhirnya memberikan keputusan kenaikan gaji untuk ASN? Jika belum, mari cari tahu informasinya di bagian selanjutnya.

3 Pertimbangan Pemerintah Memutuskan Peraturan Pemerintah 30 Tahun 2015

PP No 30 Tahun 2015

Sebelum akhirnya diundangkan, pemerintah pusat melakukan beberapa pertimbangan dalam Peraturan Pemerintah 30 tahun 2015 ini. Beberapa pertimbangan yang dimaksud, disampaikan disini

1. Meningkatkan Kesejahteraan

Alasan pertama melakukannya adalah keinginan untuk meningkatkan kesejahteraan dari pegawai negeri sipil. Harapannya setelah kesejahteraan terpenuhi, daya guna dan hasil guna dari pegawai akan turut bertambah. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak memberikan pekerjaan yang optimal untuk pelayanan ke masyarakat.

2. Perlu Dilakukan Perubahan

Dalam pertimbangan lain, perubahan perlu dilakukan karena telah mengalami perubahan beberapa kali pada perpu nomor 7 tahun 1977. Dan PP No 30 tahun 2015 ini merupakan perubahan yang ke 17. Karenanya, besaran gaji pokok PNS yang tercantum dalam perubahan tersebut, harus dimasukkan dengan benar dan sesuai peraturan terbaru.

3. Disesuaikan dengan Poin 1 dan 2

Terakhir, pertimbangkan dilakukan sesuai dengan kenyataan pada nomor satu dan dua. Sehingga, perlu ditetapkan pp terbaru tentang perubahan ketujuh belas, terkait dengan kenaikan gaji pegawai. Untuk lebih jelasnya tetang beberapa hal yang menjadi pertimbangan dan penetapan dari Perpu, penting untuk mencari lembaran salinannya.

Itulah beberapa alasan yang menjadi pertimbangan pemerintah perlu menetapkan peraturan terbaru ini. Selain alasan pertimbangan, terdapat beberapa hal lain yang ada dalam perpu ini dapat disimak dibawah ini.

  • Pemutusan

Bagian pemutusan berisi penetapan perpu tentang perubahan ketujuh belas atas perpu nomor 7 tahun 1977 tentang peraturan gaji Pegawai Negeri Sipil. Dalam hal ini, untuk memberikan kenaikan gaji untuk setiap pegawainya.

  • Tanggal Berlaku

Setelah diundangkan, Perpu ini telah ditentukan untuk dapat berlaku sejak tanggal 1 Januari 2015. Jadi, kenaikan gaji untuk setiap pegawai, akan naik sesuai golongan pada awal tahun.

  • Disesuaikan Sejak Diundangkan

Serta, disesuaikan pula dengan kapan peraturan pemerintah ini diundangkan. Pengundangan ini pun harus ditempatkan dalam Lembaga Negara Republik Indonesia.

  • Keunikan

Dalam penetapannya, tertera tanggal 4 Juni 2015, sedangkan tanggal berlaku adalah 1 Januari 2015. Hal ini menarik, bahwa walaupun belum ditetapkan oleh presidan para pegawai akan menerima kenaikan gaji sesuai dengan masa kerja dan golongan.

  • Diundangkan Tanggal 5 Juni

Setelah di terima olah presiden dan ditetapkan, akhirnya perpu ini diundangkan. Tanggal perpu ini diundangkan adalah 5 Juni 2015 dan dilakukan oleh menteri hukum dan HAM terjabat, yaitu Yasonna Laoly.

Pajak Penghasilan PNS

Masih banyak informasi menarik yang akan anda dapatkan dari Perpu ini. Untuk itu, disarankan untuk mendownload terkait perpu ini. Untuk pajak penghasilan PNS tidak tercantum didalamnya, untuk mengetahuinya cara tahu lebih lanjut di browser.

Beberapa pertimbangan di atas, yang akhirnya menjadi alasan dikeluarkan Peraturan Pemerintah no 30 tahun 2015. Jika masih penasaran, jangan ragu untuk mencari informasinya di browser. Karena masih banyak informasi menarik yang dapat digali didalamnya. Serta, akan menambah pengetahuan tentang cara pembuatan perpu dalam pemerintah pusat untuk kepentingan ASN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *