Inilah Persyaratan Menjadi CPNS Badan Pusat Statistik

Menjadi bagian dari instansi pemerintah adalah dambaan banyak orang. Sayangnya untuk menjadi bagiannya, tidaklah begitu mudah. Banyak hal-hal yang harus dipersiapkan sedari awal, termasuk persiapan fisik. Hal ini pula yang harus dilakukan jika anda ingin menjadi bagian dari CPNS Badan Pusat Statistik. Karena terdapat persyaratan yang harus disiapkan sedari awal pendaftaran. Persyaratan apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftar?

5 Persyaratan Menjadi CPNS Badan Pusat Statistik

CPNS Badan Pusat Statistik 2019

Saat akan menjadi bagian dari kantor BPS, dibutuhkan beberapa persyaratan yang harus disiapkan. Beberapa diantaranya akan disampaikan dibawah ini,

  1. KTP

Saat akan menjadi bagian dari pemerintahan sebagai PNS, penting untuk memiliki identitas diri. Identitas diri dalam hal ini adalah KTP. Jika belum memilikinya dapat melampirkan bukti rekam e-KTP. Jika tidak memiliki juga, maka tanyakan pada admin BPS tentang kebijakan yang dimilikki.

  1. Transkrip Nilai

Untuk menjadi bagian dari BPS, biasanya pelamar yang dibutuhkan adalah pelamar yang telah lulus sarjana. Untuk dibutuhkan sebuah transkrip nilai untuk dilampirkan pada saat pendaftaran. Jika tiba ditahapan ini, jangan dulu memikirkan perhitungan gaji PNS, tapi fokuslah pada bagian bagaimana cara lulus dari setiap tes yang diberikan.

  1. Ijazah

Selain transkrip nilai dibutuhkan pula sebuah ijazah. Ijazah inilah yang nantinya dilampirkan sebagai bukti telah melewati masa pendidikan S1 maupun D3. Semuanya ini disesuaikan dengan formasi yang dilamar saat penerimaan CPNS Badan Pusat Statistik. Kesalahan memilih formasi, akan menimbulkan kerugian yaitu kegagalan dalam seleksi.

  1. Kartu Keluarga

Hal lain yang harus dipersiapkan adalah kartu keluarga. Nantinya KK dibutuhkan untuk discan dan diupload pada lama pendaftaran. Serta siapkan beberapa lembatr fotocopyan untuk dipersiapkan jika telah lulus semua seleksi. Karena setiap data yang dimasukkan nantinya akan kembali diperiksa oleh pihak terkait tentang keasliannya.

  1. Pas Foto

Selanjutnya, dibutuhkan sebuah scan foto terbaru. Foto yang diminta bukanlah foto sembarangan, melainkan foto terbaru dengan gaya formal. Untuk bagian backgroundnya, disesuaikan dengan kebutuhan dan permintaan dari lembaga yang dilamar. Serta, sediakan beberapa lembar untuk keperluan saat ujian.

Inilah beberapa persyaratan yang dibutuhkan untuk mengikuti tahapan administrasi. Setelahnya terdapat tes lain yang harus diikuti. Penjelasannya akan disampaikan dibagian berikutnya

Setelah Seleksi Administrasi

Perhitungan Gaji PNS

Setelah menyelesaikan masalah administrasi dan dinyatakan lolos, bukan berarti pekerjaan anda selesai. Masih terdapat beberapa langkah lagi untuk menjadi bagian dari BPS, salah satunya tes kompetensi. Tes ini berisikan beberapa bidang, seperti TWK, TIU dan TKP.

Jika dinyatakan lolos, masih terdapat tes lain yang harus dijalankan. Semuanya ini tergantung dari lembaga yang didaftar. BPS sendiri memiliki tes wawancara untuk pelamarnya, disinilah anda harus berjuang sebaik-baiknya. Karena setiap orang ingin menjadi bagian dari pemerintahan dengan segala tujuan yang beragam. Untuk itu persiapkanlah beberapa hal seperti,

  • Fisik, usahakan agar tidak cepat lelah.
  • Mental, bersiap untuk menjawab setiap pertanyaan dengan pikiran jernih.
  • Pengetahuan, akan membantu jika pertanyaan terkait kemampuan dalam bidang statistik dan pengetahuan umum lainnya.
  • Doa, karena melalui doa semuanya akan berjalan lancar dan dimudahkan oleh sang pencipta.
  • Jika lancar, barulah cara tahu tentang macam-macam tunjangan PNS yang ada.

Jadi, sudahkah anda mempersiapkan segala sesuatunya? Jika belum, ayo persiapkan sejak sekarang. Ketika pengumuman telah tiba, hanya pemantapan yang perlu disiapkan. Tunggu apalagi? Siapkan semua keperluan menjadi CPNS Badan Pusat Statistik segera dan bergabunglah didalamnya.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *