Ketentuan Penerimaan ASN Tahun 2019

Pemerintah telah memberikan pengumuman bahwa pada tahun 2019 akan diadakan rekrutmen sebesar 100.000 pegawai yang terdiri dari pemerintah pusat dan daerah.

Menurut ketentuan yang ditetapkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi melalui surat Surat Menteri PANRB Nomor : B/617/M.SM.01.00/2019 Tentang Pengadaan ASN Tahun 2019 tanggal 17 Mei Tahun 2019, Penerimaan Pegawai baru harus memenuhi beberapa unsur.

Yang pertama adalah Zero growth, yang artinya jumlah pegawai yang diterima harus lebih rendah dari pegawai yang pensiun, kecuali untuk pegawai pada pelayanan dasar, misal pendidik daerah terpencil, tenaga kesehatan dan lain-lain.

Yang kedua untuk Instansi Pemerintah Pusat alokasi pegawai yang diterima adalah 50% untuk CPNS dan 50% untuk PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja). Prioritas untuk jabatan fungsional dapat diisi oleh PPPK dari pegawai pemerintah non PNS.

Ketiga adalah untuk pemerintah daerah alokasi CPNS adalah 30% dan alokasi PPPK 70%. Diprioritaskan untuk pemenuhan pegawai di bidang pelayanan dasar pada satuan unit kerja daerah tertinggal dan terluar dengan memberi kesempatan pada pegawai pemerintah non PNS yang saat ini masih aktif bekerja secara terus menerus sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Surat Menteri PANRB Nomor B/617/M.SM.01.00/2019 dapat dilihat disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *