Mengenal Lebih tentang Tunjangan Kinerja TNI

Walaupun sudah banyak dibicarakan, tidak banyak orang yang memahami tentang tunjangan kinerja. Para orang awam hanya mengetahuinya, bahwa tunjangan kinerja TNI, Polri dan PNS akan diberikan sama seperti gaji pokok. Namun hal ini disesuaikan dengan kinerja dari pegawai dalam melakukan pekerjaannya. Hal ini juga berlaku untuk pegawai TNI dan Polri, selama menjalankan tugas. Untuk mendalaminya, mari cari tahu pengertian tunjangan kinerja di sini.

Pengertian Tunjangan Kinerja

Kenaikan Tunjangan Kinerja
Presiden Joko Widodo melakukan inspeksi pasukan saat menjadi inspiktur upacara puncak perayaan HUT ke-73 Bhayangkara dan bertindak sebagai inspektur upacara di Silang Monas, Jakarta, Rabu (10/7/2019). Presiden mengapresiasi atas pencapaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK sert‹ berharap sinergitas TNI – Polri dapat ditingkatkan dalam upaya menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/foc.

Dari beberapa sumber, disimpulkan bahwa tunjangan kinerja adalah tunjangan yang diberikan kepada pegawai. Namun, dibedakan berdasarkan pencapaian kinerja yang dilakukan setiap bulannya oleh setiap pegawai. Pegawai akan mencapai tunjangan kinerja yang penuh, jika menjalakan tugasnya secara menyeluruh. Sedangkan jika tidak, maka tunjangan akan menurun.

Dapat disimpulkan, bahwa besaran tunjangan kinerja yang diterima, akan mengalami fluktuatif. Semuanya tergantung dari bagaimana capaian kinerja dari pegawai. Hal yang sama berlaku untuk tunjangan kinerja TNI. Jadi, jika ingin mendapatkan tunjangan maksimal, sebaiknya lakukan pengerjaan secara maksimal pekerjaan terselesaikan dan membuahkan hasil lebih baik.

Tunjangan Kinerja Diberikan Jika?

Tunjangan Kinerja TNI Saat Ini

Dalam pemberian tunjangan tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Semuanya didasarkan dengan peraturan dan hitam diatas putih yang telah dipahami pegawai, seperti

  1. Menjalankan sesuai Tupoksi

Pertama, pegawai harus mnejalankan setiap tugas-tugasnya sesuai dengan tupoksi. Jika memiliki jabatan sebagai pranata humas, maka pekerjaannya tidak boleh menyebrang. Setiap pekerjaan yang berhubungan dengan pranata humas, harus dikerjakan dengan maksimal dan tidak boleh menyebrang ke pekerjaan-pekerjaan lainnya.

  1. Memiliki Bukti Kerja

Tunjangan kinerja akan diberikan jika ada catatan atau bukti kerja. Karena inilah yang nantinya menjadi bukti capaian kerja dan syarat dikeluarkannya tunjangan kinerja TNI saat ini. Jika tidak ada pencatatan kinerja dan bukti, maka tunjangan kinerja akan sulit dikeluarkan. Bahkan tanpa tanda tangan atasan, tunjangan tidak akan mendapatkan acc.

  1. Hak dan Kewajiban

Dalam beberapa kesempatan sering ditemui pegawai yang melakukan pelanggaran terhadap kewajibannya. Salah satunya, karena pegawai melakukan absen tanpa melakukan apapun. Hal ini perlu diperhatikan, karena telah melanggar kewajiban. Salah satu hukumannya adalah pemotongan dari tunjangan kinerja selama sebulan.

  1. Merupakan Pegawai Aktif

Selain menjalankan tugas dan memahami hak dan kewajiban, pahami pula tentang pegawai aktif dan non aktif. Setelah menjadi pegawai non aktif, anda tidak lagi berhak menerima tunjangan kinerja serta beberapa tunjangan lainnya. Jadi, tidak perlu heran jika nantinya uang yang diterima setiap bulan akan berbeda dari saat sedang aktif bekerja.

  1. Jabatan yang Diterima

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah tunjangan kinerja yang berbeda karena jabatan. Jabatan dalam kepegawaian dibagi menjadi dua yaitu fungsional umum dan fungsional tertentu. Keduanya akan memiliki kenaikan tunjangan kinerja yang berbeda. Namun tetap disesuaikan dengan aturan yang berlaku dalam setiap daerah.

  1. Peraturan Daerah

Khusus untuk pegawai negeri di daerah, akan memiliki aturan tersendiri tentang tunjangan kinerja. Untuk itu, pahamilah dimana anda ditempatkan dan aturan yang dimilikkinya. Jadi, tidak ada kesalahan saat akan menerima tunjangan. Serta, tidak perlu ada protes, jika ternyata kesalahan terdapat pada pemahaman tentang tunjangan ini.

Memiliki tunjangan yang besar adalah harapan setiap pegawai. Namun, semuanya harus disesuiakan dengan pekerjaan yang dilakukan. Jangan sampai tidak melalui kinerja apapun, namun akhirnya mendapatkan tunjangan kinerja TNI atau pegawai lainnya dengan jumlah besar. Karena nantinya dana yang didapat tidak berkah untuk kehidupan keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *