Review Realme 10 Pro Plus: Pede Dengan Layar Lengkung 120Hz Dan Dimensity 920 Di Unsyiahpress

Posted on

Realme 10 Pro Plus adalah smartphone terbaru dan paling premium di seri ‘Angka’ yang perusahaan rilis hingga saat ini. Perangkat ini menawarkan berbagai peningkatan dibandingkan pendahulunya, seperti di sisi chipset, desain, dan lainnya.

Terlepas dari berbagai peningkatan itu, menurut unsyiahpress.id Realme 10 Pro Plus terlihat berupaya menjaga hargajual model ini agar tetap kompetitif di segmen menengah. Kami akanmengulas bagaimana performa Realme 10 Pro Plus sebagai penerus seri Realme9. Unit yang kami ulas adalah Realme 10 Pro Plus versi 12/256GB.

Realme 10 Pro Plus menampilkan desain unik dengan layar melengkung.Iamenjadimodel pertama untuk seri ‘Angka’ di lini smartphone Realme denganpanel layar melengkung yangmenawarkan kesanmewah tersebut.

Dibodi belakang perangkat,Realme menerapkan pola yang mereka sebut sebagai “Prism Acceleration” dan “Nebula Particle”. Pola itu menciptakan tampilan berkilau dan gradasi warna berubah-ubah, tergantung pada sudut pandang dan kondisi cahaya sekitar.Di artikel Review Realme 10 Pro Plusini kami mengulas varian warna Hyperspace.

Sementara panel depan Realme 10 Pro Plus dilapisi kaca, sedangkan bagian belakang dan rangkanya terbuat dari plastik.Berkat penggunaan material plastik, perangkat terasa ringan dengan bobot 173 gram dan ramping dengan ketebalan 7,78 gram. mm.

Meskipun jenis kaca panel depan tidak disebutkan, realmemenyebut bahwa kaca dengan tipe “Double-Reinforced Glass” itu dapat meningkatkan kekuatan smartphone saat mengalami benturan.

Perusahaan mengklaim, Realme 10 Pro Plus 5G telah melewati drop test dari ketinggian 1 meter dan 28.000 kali micro-drop test.Berdasarkan pengujian internal mereka, Realme mencoba meyakinkan bahwa pengguna tidak perlu khawatir terhadap daya tahan layar lengkung smartphone tersebut.

Di bagian belakangterdapattiga kamera dalam dua modul terpisah. Tombol volume dan daya terletak di sisi kanan, dan port USB Type-C sertapenampang SIMtersemat di bagian bawah. Secara keseluruhan, Realme 10 Pro Plus memiliki tampilan premium dan desain menarik.

Baca Juga  Siap-siap! Kedubes AS Di RI Bakal Buka Magang Untuk Mahasiswa

Realme 10 Pro+ menawarkan layar beresolusi Full HD Plus (2412*1080)berjenis AMOLEDdenganrefresh rate 120Hz. Iadibekali dengan Touch Sampling Rate 360Hzhingga1260Hz untuk Instantaneous Touch Sampling Rate.

DenganTouch Sampling Rate tersebut, secara teoretis Realme 10 Plus mampu mendeteksi dan merespons input sentuhan hingga 360 kali per detik, sehinggamampumendeteksi dan merespons input sentuhan secara cepatdan membuatnya terasa mulus dan responsif selama pemakaian. Berbekal Global Peak Brightness 800 nits, layar smartphone relatifmudah dilihat di bawah paparan sinar matahari.

Hal laindari aspek layar yang layak mendapat sorotan adalahlayar lengkung pada Realme 10 ProPlus tidak hanya menambah kesan premium, tetapi juga menampilkan kesan nyaristanpa bezel, sehingga cocokuntukaktivitasbermain mobile gameatau menonton konten video.

Beralih ke aspekperforma, dapur pacu dariRealme 10 ProPlus adalahMediaTek Dimensity920 yang dipadukan dilengkapi dengan 8GB RAM dan opsi ruangpenyimpanan internal 128GB dan 256GB. Ada pula fitur Dynamic RAM yangmemungkinkan menjalankan 12GB RAM virtual tambahan untuk menjaga performa smartphone.

Kami melakukan pengujian di AnTuTu Benchmark sebanyak tiga kali dan skor yang berhasil dicapai adalah 516.721, 517.596, dan 517.676. Capaian skor tersebutmenempatkan Realme di Top 100versi AnTuTu Benchmark, tepatnya di peringkat ke -91. Selain itu, kami juga melakukan pengujian dengan bermain Call of Duty: Mobile dan Asphalt 9: Legends.

Untuk Call of Duty: Mobile, setelan grafis terbaik adalah ‘High’ untuk Graphic Quality dan ‘Very High’ untuk Frame Rate. Namun,jika Anda lebih mementingkan Frame Rate ketimbang Graphic Quality,setelan yang mungkin Anda pilih adalah’Low’ untuk ‘Graphic Quality’ dan ‘Max’ untuk ‘Frame Rate’. Saat pengujian, kami mencoba skenario’High’ untuk Graphic Quality dan ‘Very High’ untuk Frame Rate dan bermainRanked Match beberapa kali

Baca Juga  Cybers Academy Gandeng Aptiknas Akselerasi SDM TIK Menuju Society 5.0

Adapun Asphalt 9: Legends,setelan Visual Quality yang dapat Anda pilih adalah ‘High Quality’. Terpantau,Realme 10 Pro Plus dapat diandalkan untuk memainkan duamobile gamestersebut tanpa kendala.

Realme 10 Pro Plus dilengkapi dengan tiga kamera dibodi belakang yang menampilkan lensa108 MP, lensa ultrawide 8 MP, dan lensa makro 2 MP untuk keperluan fotografi.

Di sisi perekeaman video, Realme 10 Pro Plus dapatmerekam video 4K pada 30fps atau video 1080p hingga 60fps. Namun, seperti kebanyakan smartphone kelas menengah pada umumnya,ia memiliki OIS, melainkan mengandalkan EIS saja. Selain itu, terdapat kamera swafoto 16 MP.

Di siang hari dengan paparan cahaya memadai, kameradapat mengambil foto secara apikdengan warna natural dengan dynamic rangeyang baik. Untuk keperluan mengambil foto pada malam hari atau di kondisi paparan cahaya rendah (low light),tersedia Night Mode yangmampumeningkatkan kecerahan dan detail objek yang difoto.

Berikut ini beberapajepretan Realme 10 Pro Plus.

Secara umum, kameraRealme 10 Pro Plus dapatmemproduksi foto dengan baik. Fitur AIEnhancement, Zoom In, dan resolusi 108MP paling menarikperhatian kamikarena kedua fitur itu bekerja dengan apik. Adapun Night Mode, ada catatan; hasilnyakadang-kadang mengalami sedikitover exposure.

Namun, kehadiran fitur Pro yang memungkinkan pengguna untuk memotret dengan setelanshutter speed, ISOdan lainnya sesuai dengan preferensi mereka seharusnya akan membantu penggunamenghasilkan foto di kondisi cahaya secara lebih baik; tapi tentunya dengan setelan yang tepat.

Gunamengakomodasi kebutuhan daya,Realme 10 Pro+ dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh yang kurang lebih dapat bertahan seharian.Dengan kapasitas baterai tersebut,Realme 10 Pro Plus termasuksmartphone yang paling tipis di pasaran.

Perangkat ini memiliki teknologi pengisian daya SUPERVOOC 67W. Kami melakukan uji pengisian daya dari5hingga 100persen; tercatat, waktu yang diperlukan hanya 55menit 35 detik. Jikamelakukan pengisian 0 hingga 100 persen, kami perkirakan itu akan memakan waktu kurang dari 60 menit.Secara keseluruhan, masa pakai baterai dan kecepatan pengisian daya Realme 10 ProPlus patut mendapat acungan jempol.

Baca Juga  Tampilkan Karya Fashion, Gambarkan Keunikan Dari PerempuanĀ 

Setelah melalui serangkaian pengujian, kami pikir Realme 10 Pro Plus dapat bersaing di segmen menengah. Catatan positif kami termasuklayar lengkung AMOLED denganrefresh rate120Hz, yangmenawarkan pengalamanvisualberkualitas untuk keperluan hiburan seperti bermaingameatau menonton film dan video.

Performa dari chipset MediaTek Dimensity 920 juga menjanjikan pengalaman penggunaan yang mulus untuk berbagai keperluan.

Selain itu,baterai berkapasitas 5000 mAh dengan pengisian daya cepat membuatnya andal untuk pemakaiansekitar seharian sepnuh.

Terakhir, desainnya yang ramping dan mewah juga menambah daya tarik dan menambah kenyamanan penggunaan.

Beberapa catatanpositifini membuatnya menjadi pesaing kuat di segmen menengah pasar smartphone. Terlebih harganya yang berkisar Rp 6,9 juta,layak dipertimbangkan.