Termasuk Atlet Terkaya, Legenda Bola Basket LeBron James Justru Dikenal Pelit

Posted on

Jakarta Pemain basket sekaligus miliarder LeBron James begitu bergelimang harta. Bahkan dia pun termasuk sebagai atlet dengan bayaran tertinggi sepanjang masa. Namun di balik itu, ternyata dia terkenal sebagai orang yang pelit. Lantas, bagaimana kisahnya?

Dalam kariernya, dia mendapatkan juara empat kali, MVP empat kali, All-Star 19 kali dan menjadi pemain NBA dengan bayaran tertinggi sepanjang masa. Bahkan dia menambah prestise lebih banyak lagi pada status miliardernya.

Belum lagi ada kontrak terbaru LeBron James selama dua tahun senilai USD 97 juta dengan Lakers yang akan membayarnya USD 50 juta pada 2024-2025. Meskipun memiliki selera yang mahal dalam hal mobil dan rumah, dia juga terkenal pelit dengan uangnya.

Atlet Terkaya

Dilansir dari South China Morning Post,Rabu (24/5/2023), James telah mengantongi USD 432 juta selama 20 tahun kariernya di NBA.

Dia juga menandatangani perpanjangan kontrak selama dua tahun senilai USD 97 juta dengan Lakers yang akan memberinya USD 141 juta selama tiga tahun ke depan.

Perpanjangan tersebut akan menjadikan James pemain dengan penghasilan tertinggi sepanjang masa dengan bayaran USD 532 juta.

Selain gajinya di NBA, James juga menghasilkan sekitar USD 90 juta per tahun dari dukungan di luar lapangan. Pada 2021, dia teratas dibandingkan semua atletyang mengantongi pendapatan di dalam dan luar lapangan sebesar USD 126,9 juta.

Tahun berikutnya, dia menduduki peringkat kedua dalam daftar yang sama – di belakang pemenang Piala Dunia Lionel Messi – dengan total pendapatan USD 121,2 juta.

Sebagian besar berkat kesepakatan seumur hidupnya dengan perusahaan besar seperti Nike. Alhasil James sekarang menjadi miliarderdunia versi Forbes. Dia disebut memiliki pendapatan lebih dari USD 900 juta dari dukungan dan usaha bisnis lainnya.

Baca Juga  Harga Minyak Dunia Hari Ini Langsung Melambung Usai OPEC Pangkas Produksi

Terlepas dari seleranya yang mahal dalam hal mobil dan rumah, Dwyane Wade pernah menyebut James sebagai “orang termurah di NBA”.

Miliarder Warren Buffett memiliki penilaian sendiri tentang James, “Dia cerdas. Dia pintar dalam masalah keuangan.” Investor terkenal itu menambahkan, “Sungguh menakjubkan bagi saya kedewasaan yang dia tunjukkan.”

Sejak saat itulah terbongkar bahwa James sangat hemat bahkan dikatakan pelit. Melansir South China Morning Post, inilah beberapa bukti bahwa ia termasuk orang yang pelit.

1. Tidak akan menggunakan ponselnya jika tidak ada Wi-fi

“Tidak, saya tidak melakukan itu,” kata James suatu waktu. “Saya tidak mengaktifkan roaming data, saya tidak membeli aplikasi, saya masih mendapatkan Pandora dengan iklan.”

Ketika layanan streaming musik mendengarnya, James menawarkan akun premium gratis.

2. Pernah terlihat mengendarai sepeda ke sebuah pertandingan di Miami

3. Tidak akan membayar tanda centang biru di Twitter

James merujuk pada penghematannya ketika menolak membayar untuk mempertahankan tanda centang birunya di Twitter baru yang dipimpin Elon Musk.

Namun, terlepas dari uangnya yang jutaan dolar itu, James memang memiliki selera yang mahal di beberapa hal dan memberikan banyak uang untuk kegiatan amal.