Berapakah Besaran Gaji TNI 2019 untuk Jenderal dan Jabatan Lainnya?

Selain menjadi anggota Polisi, anak muda sekarang ini memiliki keinginan untuk menjadi anggota TNI. Alasannya beragam, salah satunya karena besaran gaji TNI 2019 yang cukup menjanjikan. Terlebih, selama masa pensiun pun cukup terjamin untuk setiap anggotanya. Karenanya, dalam setiap tahun calon anggota TNI selalu bertambah jumlahnya. Lantas, berapakah besaran gaji TNI yang akan diterima saat menjadi anggota baru?

Besaran Gaji TNI 2019, Berapakah Besarannya untuk Anggota Baru?

Gaji Pokok TNI

Baru menjadi anggota TNI? Penting untuk mengetahui berapa besaran dana yang akan diterima setiap bulannya. Penjelasannya, akan disampaikan pada bagian berikutnya,

  • Prajurit Dua

Jabatan inilah yang akan diterima saat anda menjadi anggota TNI setelah lulus SMA. Dalam hal ini akan menempuh pendidikan selama beberpa lama. Besaran gaji TNI 2019 untuk jabatan ini adalah Rp 1.565.200 dalam setiap bulan. Namun tidak hanya ini, nantinya akan tersedia beberapa tambahan yang berasal dari tunjangan kehidupan.

  • Sersan Dua

Pada tingkatan selanjutnya, anda akan diangkat menjadi sersan dua atau serda. Dalam hal ini telah dianggap sebagai bintara. Gaji pokok yang diterima adalah Rp 2.000.300 setiap bulannya. Dalam jabatan teratas, akan diangkat menjadi pembantu letnan satu dengan gaji pokok sebesar Rp 2.336.600 setiap bulannya.

  • Kapten

Golongan tiga atau yang dikenal dengan perwira pertama, memiliki pangkat sebagai letnan dua. Dalam pangkat ini akan menerima gaji pokok sebesar Rp 2.605.000/bulan. Sedangkan untuk seorang kapten akan mendapatkan gaji sebesar Rp 2.769.800 setiap bulannya. Besaran ini telah naik dari besaran daftar gaji TNI 2018, sesuai dengan Perpu.

  • Kolonel

Dambaan dari setiap anggota TNI adalah menduduki jabatan yang tinggi dan nyaman. Sehingga, gaji yang diterima pun mencukupi untuk kebutuhan keluarganya. Salah satu jabatan yang paling didambakan adalah Kolonel. Saat menjadi seorang kolonel, akan diterima gaji pokok sebesar Rp 3.100.000 setiap bulan diluar tunjangan kehidupan.

  • Mayor Jenderal

Setelah menjadi kolonel, harapan berikutnya adalah menjadi seorang mayor jenderal atau marsekal muda dan laksamana muda. Saat menjadi bagian didalamnya, gaji pokok yang akan diterima adalah Rp 3.230.600 setiap bulan. Dan tentunya ini hanya gaji pokok TNI diluar tunjangan-tunjangan dari kantor dan pendapatan lainnya.

Seperti yang telah dikatakan, terdapat beberapa tunjangan yang akan diberikan oleh pemerintah. Dalam hal ini beberapa tunjangan yang dimaksud akan dijelaskan dibawah ini,

  • Tunjangan Suami/istri

Tunjangan suami atau istri merupakan tunjangan yang diberikan untuk anggota yang telah memiliki suami maupun istri. Besaran tunjangan yang diberikan adalah 10% gaji pokok.

  • Tunjangan Anak

Berikutnya, terdapat tunjangan anak untuk anggota yang telah memiliki anak. Untuk besarannya adalah 2% dan dikhususkan untuk dua orang anak. Besaran 2% ini diambil dari besaran gaji pokok yang diterima oleh anggota.

  • Tunjangan Umum

Terdapat tunjangan umum yang akan diterima oleh anggota. Khusunya, untuk setiap anggota yang memiliki jabatan struktural. Besaran tunjangan disesuaikan dengan perpres nomor 27 tahun 2007. Contohnya, untuk golongan I akan menerima Rp 5.500.000/bulan.

Daftar Gaji TNI 2018

Cukup banyak bukan, dana yang akan diterima setiap bulannya? Tapi jangan hanya tertarik menjadi TNI karena gaji TNI 2019. Melainkan karena benar-benar ingin berbakti untuk negara dan melayani masyarakat. Sedangkan besaran gaji yang diterima adalah bonus atas setiap pengabdian yang telah dilakukan untuk negara.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *