Gaji Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)

gaji PPPK

Belakangan ini saya agak penasaran dengan jumlah gaji yang diterima oleh PPPK. Rasa penasasaran ini didorong oleh Penerimaan PPPK pada beberapa Pemerintah Daerah telah selesai, yang berarti seharusnya sudah pemberkasan dan masuk kerja. Jika PPPK sudah masuk kerja seharusnya sudah ada besaran gaji dan tunjangan yang ditetapkan.

Berbekal rasa penasaran tersebut saya mencari peraturan pemerintah mengenai penggajian PPPK. Saya baca peraturan-peraturan mengenai PPPK tapi tidak menemukan besaran gaji tersebut. Berbeda dengan PNS, yang Peraturan Pemerintah mengenai gaji terbaru sudah ada, gaji PPPK tidak saya temukan satupun.

Saya hanya menemukan komponen pendapatan yang diterima oleh PPPK. Menurut PP 49 Tahun 2018 komponen tersebut berupa gaji dan tunjangan sesuai dengan jabatan yang pangku. Gaji disini beserta tunjangan keluarga. Besaran gaji pokok tidak disebutkan disini.

Karena rasa ingin tahu, saya bertanya kepada teman saya yang ada pada bagian rekrutmen PNS, berapa besaran gaji PPPK? Jawaban yang saya dapat adalah belum ada peraturan yang mengatur mengenai berapa besaran gaji PPPK. Gaji PPPK akan ditentukan dengan Peraturan Pemerintah, dan sampai sekarang belum keluar aturan tersbut. Jika memang demikian maka PPPK yang diterima pada penerimaan kemarin belum mempuanya aturan mengenai penggajian.

Menurut informasi yang saya dapat, basaran pendapatan PPPK akan terdiri dari gaji pokok yang akan menjadi standar di seluruh Indonesia, yang membedakan adalah besaran tunjangan, karena masing-masing jabatan dan instansi akan berbeda. PPPK guru di Jakarta akan berbeda Take Home Pay-nya dengan PPPK di Jawa Tengah karena perbedaan kemampuan keuangan daerah masing-masing.

Perlu diketahui, PPPK hanya untuk Jabatan Fungsional dan JPT saja. Tidak ada jenjang karir untuk PPPK, jadi jika seseorang mendaftar menjadi perawat pada rumah sakit, maka orang tersebut akan terus menjadi perawat pada rumah sakit itu sampai purna tugas.besaran gaji dan tunjangan akan sama selama yang bersangkutan masih bekerja, kecuali ada PP perubahan besaran gaji PPPK atau PP/Perda perubahan besaran tunjangan jabatan.

Sampai tulisan ini saya buat, saya tidak tahu apakah PPPK yang telah diterima pada penerimaan kemarin sudah mendapatkan gaji atau belum. Semoga Peraturan Pemerintah mengenai PPPK ini akan segera keluar agar menjadi lebih jelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *