Sony Disebut Bakal Rilis PS6 Pada 2027, Terungkap Dari Dokumen Rahasia

Posted on

Dari sebuah dokumen yang terungkap, Sony diyakini akan merilis PlayStation 6 (PS6) pada tahun 2027 mendatang.

Untuk diketahui, menurut www.touchnottingham.com Sony meluncurkan PS5 pada November 2020 dengan stok yang sangat terbatas karena kekurangan komponen. Stok PS5 tetap terbatas selama beberapa tahun hingga akhir 2022.

Oleh karena itu, sebagian besar pengguna masih bisa membeli konsol tersebut. Merilis konsol baru dalam waktu dekat mungkin tidak berjalan mulus untuk Sony karena masih banyak pemilik PS5 baru.

Namun demikian, Sony memiliki rencana untuk konsol PS6. Perusahaan baru-baru ini membuat beberapa dokumen resmi yang menunjukkan bahwa dominasi PS5 tidak akan bertahan lama. Faktanya, PS5 mungkin memiliki umur terpendek dari semua konsol PS sejak peluncuran PS1.

Mungkin kamu menyadari bahwa setiap konsol PlayStation memiliki umur 11 hingga 13 tahun. Konsol terbaru PS4 dan PS5 masih tersedia untuk dijual sejak 2013 dan 2020.

Sony baru-baru ini merilis satu set dokumen yang seharusnya dirahasiakan. Kamu mungkin bertanya-tanya mengapa Sony harusmengungkapdokumen-dokumen ini?

Ya, semuakarenaOtoritas Pasar Persaingan Inggris (Competition Market Authority/CMA) atas penyelidikannya terhadap upaya Microsoft untuk mengakuisisi Activison Blizzard. Dokumen semacam itu sangat rahasia tetapi karena penyelidikan yang sedang berlangsung, Sony harus mengumumkannya kepada publik.

Sony mengklaim bahwa Microsoft akan terus menyediakan game Activison untuk platform PlayStation hingga tahun 2027. Hal ini juga dapat mengonfirmasi bahwa Sony akan merilis edisi baru pada 2027.

Bagian dari dokumen Sony berbunyi ‚ÄúPada saat Sony Interactive Entertainment (SIE) meluncurkan generasi berikutnya dari konsol PlayStation, itu akan kehilangan akses ke Call of Duty dan judul Activision lainnya, membuatnya sangat rentan terhadap peralihan konsumen dan penurunan daya saing selanjutnya.”

Baca Juga  Harga Minyak Dunia Hari Ini Langsung Melambung Usai OPEC Pangkas Produksi

Dalam dokumen tersebut, tanggal rilis resmi PS6 disamarkan tetapi para pecinta game dengan mudah mengetahui bahwa PS6 akan diluncurkan sekitar tahun 2027.

Hal itu juga menunjukkan bahwa PS5 akan menikmati masa kejayaannya selama kurang lebih 7 tahun. Perlu dicatat bahwa Sony meluncurkan PS5, tujuh tahun kemudian setelah peluncuran PS4.

Oleh karena itu, jika Sony meluncurkan PS6 pada tahun 2026, kerangka waktu tujuh tahun tetap pada jalurnya.

Sebelumnya, ada sejumlah rumor dua minggu belakangan, yang menyebut desainerPS5Mark Cerny masih bakal memimpin di pengembangan desain konsol PS6, penerus PS5.

Mayoritas laporan-laporan ini berdasarkan pada paten milik Cerny yang menguraikan sejumlah teknik untuk mempercepatray tracing unitdi PS5. Namun, ketika informasi digali lebih lanjut, memperlihatkan bahwa paten tersebut mungkin untuk SonyPS6, bukan PS5.

Paling tidak, rumor tentang desain konsol PS6 ini dinilai sebagai perkiraan yang tepat. Pengguna Twitter pun menyebarkan informasi bahwa Cerny bertanggung jawab atas desain PS6.

Menurut akun Twitter @PS6Countdown, “Rumornya, Mark Cerny tengah bekerja keras mengembangkan masa depan Brand PlayStation yang kemungkinan besar adalah PS6 atauPlayStation 6. Informasi akan dibagikan dalam beberapa tahun mendatang,” katanya melalui cuitan, dikutip Selasa (7/3/2023).

Pengguna Twitter lainnya mengklaim dirinya mendengar sejumlah masalah serupa dari sumber yang terpercaya. Namun, hal ini tentu masih sebatas informasi yang mungkin tidak akurat.

“Menurut sumber terpercaya, Cerny diberikan kepercayaan untuk melakukan pekerjaan lagi di (pengembangan) PS6. Orang Amerika pertama yang merancang sistem PS5, dengan PS5, dan kini akan bertanggung jawab terhadap hardware 3 generasi PS lainnya,” kata akun @WrryWrt73.

Menurut “Dictator” dari Digital Foundry, paten Cerny tidak dibangun di atas teknologiPlayStation5. “PS5 dan AMD tidak memiliki unit seperti itu pada perangkat keras yang diterbitkan, dan temuan ini memiliki ray tracing unit, seperti Intel atau Nvidia. Ini untuk versi PlayStation yang lebih baru. Sony PS6 atau PS5 Pro/Slim bisa jadi versi iteratif ini,” katanya.

Baca Juga  Cybers Academy Gandeng Aptiknas Akselerasi SDM TIK Menuju Society 5.0

Tidak heran jika nantinya kemungkinan Cerny yang akan bertanggung jawab atas pembuatan Sony PS6, mengingat dirinya adalahsystem engineerutama untuk PS4, PlayStation Vita, dan PS5.

Kabarnya, PlayStation 6 bakal dirilis setelah tahun 2027 atau masih sekitar empat tahunan lagi dengan game The Last of Us 3 kemungkinan dirilis juga di konsol ini.

PS5 Pro kemungkinan debut setidaknya awal April 2023. Demikian menurut Sony.

Konsol ini kemungkinan hadir dengan chip kuat dan sistem pendinginan yang lebih efektif. Phonandroid, mengutip salah satu informannya, mengatakan, tidak seperti laporan sebelumnya, penamaan baru untuk konsol Sony akan menggunakan “Pro”, dan bukan “Slim”.

PlayStation 5 Pro bakal mengedepankan sistem pendingin likuid, seperti yang digunakan pada PC Gaming. Oleh karenanya, bisa disimpulkan bahwa sistem baru ini mungkin menggunakan prosesor AMD yang ditingkatkan. Selain itu, pendingin likuid juga diklaim menghasilkan modifikasi desain yang mendasar.

Penting pula untuk dicatat, Sony perlu mencegah PlayStation 5 Pro untuk merusak dari standar PS5. Hal ini seperti yang terjadi dengan PlayStation 4 dan PS4 Pro. Sony mungkin berharap nantinya PlayStation 5 dan PlayStation 5 Pro bisa hidup berdampingan di pasar selama bertahun-tahun.

Namun, Tom Henderson, pemerhati game dariInsider Gaming, tidak meyakini bahwa seluruh laporan tentang PS5 Pro atau Slim itu benar adanya. Ia mengklaim bahwa model PS5 yang baru hanyalah gen kedua dari PS5, bukan PS5 Pro atau Slim.

Ia juga menyatakan, PS5 generasi 1 akan dipensiunkan akhir tahun ini. Faktanya, ia menerima rumor baru mengenai PS6 dan PS5 Pro yang lebih membuat penasaran.

Henderson meyakini, Sony ingin memproduksi lebih sedikit model PS5 untuk mengurangi beban produksi. Sebelumnya di masa lalu, menggunakan kata Pro pada penamaan produk adalah hal yang dianggap bijak.

Baca Juga  Saat Puan Tak Ambil Pusing Ganjar Jadi Bakal Capres NasDem

Namun, mengingat sistem ini ditambah kelangkaan komponen, makin banyak produk jadi tidak logis bagi sebuah brand.

Sebelumnya Henderson mengatakan, sistem game PS5 akan mengalami peningkatan yang signifikan pada pertengahan 2023 dan konsol game baru bakal dirilis September di tahun yang sama. Konsol game yang dirilis saat ini dikabarkan akan memiliki disk DVD yang bisa dilepas.

Sekadar informasi, konsol PlayStation pertama dirilis pada 1994. Sejak itu, merek tersebut telah melalui beberapa iterasi penamaan.

Mulai dari PlayStation 2, Play Station 3, dan PlayStation 4. Penamaan terbaru adalah konsol PlayStation 5 yang dirilis pada November 2020.

Konsol PlayStation pun dikenal dengan grafisnya yang berkualitas tinggi, pemrosesan canggih, dan pustaka game yang lebih luas. Konsol ini juga populer karena kemampuan multipemain daringnya yang memungkinkan pemain untuk terhubung dengan pemain lain di seluruh dunia.

Selain konsol, PlayStation juga menawarkan berbagai layanan, termasuk PlayStation Network (PSN), yang memungkinkan gamer membeli dan mengunduh game, terhubung dengan pemain lain, dan mengakses konten eksklusif.

PlayStation Now merupakan layanan streaming yang memungkinkan pengguna memainkan pustaka game sesuai permintaan.